Senin, 23 Januari 2012

stereotype....apa itu ??


Strereotype, mungkin kata tersebut terasa asing ditelinga saya, yang sering saya dengar yaa... hanya stereo kalau sedang ngumpul dengan anak- anak yang berkecimpung dalam dunia sound system. Dan ternyata setelah mendapat penjelasan dari dosen dan tanya sana sini soal strereotype.
Pertama kali mendengar penjelasan tentang stereotype saya malah pusing berat karena tidak mudeng dan lagi parah- parahnya sakit. Sedikit tekad dan dengan rasa ingin tahu tinggi kemudian saya browsing di google, tapi masih tidak mudeng juga dan pada akhirnya saya tanya kepada paman saya yang memang jago bahasa inggris ( maklum dulu kerja di freefort lama sekarang juga sering jadi transletter).
Akhirnya mendapat penjelasa juga....aminnnnnnnnnn
Menurut yang saya pahami tentang stereotype dari penjelasan paman saya yaitu artine anggapan umum terhadap suatu kelompok berdasarkan penilaian dari orang yang berasal dai luar kelompok itu. Penilaiannya  entah dalam perilaku, kebiasaan. Tetapi stereotype itu TIDAK SELALU BENAR tapi dipercayai banyak orang, terutama oleh orang2 di luar kelompok tersebut.
misale orang jawa itu stereotypenya kalem, sopan, dll.
kalau batak ki keras, banter, kasar
bule itu teratur, tegas, ra ewuh pekewuh, tidak mudah tersinggung, dll
 orang  batak akan melihat jawa ya seperti itu: kalem, sopan, tidak berani ngomong di depan
orang  bule akan melihat orang jawa itu lemah, kalem, lambat, alon-alon, akrab antar teman/keluarga, kurang memikirkan hasil, dst..
mungkin sedikit info yag bisa saya bagikan untuk teman-teman :D

15 komentar:

  1. Good job lix.... mnambah pengetahuan ttg stereotype..
    dan inintinya don't judge the book by each cover

    BalasHapus
    Balasan
    1. nek aku menaggapinya bukan dari cover tetapi dari yg biasa kita lihat dalam kebudayaan kita sendiri. misale: kalu orang jawa memberi/ngulungke dengan tangan kiri itu tidak sopan tetapi beda dengan orang di daerah papua sana mereka biasa memberikan sesuatu dengan tangan kiri( itu sepenglihatan saya ketika pny tmen SMA dulu)

      Hapus
  2. SIMPEL → Sederhana, InforMatif, PEnting, Lugas... :D

    ☺ ☻ terus berkarya kawan!!!

    BalasHapus
  3. mantap lek, aku awale yo ora mudeng opo iku stereotipe, tapi bar moco2 ning blog e konco2 saiki dadi mudeng.. sory lek komen nggo basa jawa.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha q juga ap maneh pas diterangke kahanan q lagi ky ngono kae blas gk mlebu, tp saiki ws lmyn mudenglah...

      Hapus
  4. A good explanation about stereotypes friend...
    not all stereotypes are true and not all the stereotypes wrong,,,
    because each individual also have a different character.

    BalasHapus
    Balasan
    1. right not stereotype is true,
      e.g bule(smua) itu pas seneng free s*x, pasti banyak yang marah2 k kmu
      hehehe

      Hapus
  5. sama lek.........I jga bru tahu apa itu stereotype. tpi setelh ada kuliah kmrn, kta jd mudeng.

    BalasHapus
  6. wao wao wao wao....
    asekk bener ya belajar stereotipe di barengi ndengerin stereo sound....hehehehehe
    ya begitulah stereotipe yang baru hot hot nya minggu ini..... ada hal yang penting dalam menilai orang yaitu dari hati.. kaya lagu touch my heart. hehehe cm gojek og

    ya begitulah sifat orang yang gk bs ditebak begitu saja karena manusia adalah makluk yang dinamis....maksudnya saya sekarang dengan saya satu jam yang lau akan berbeda dalam segi emosi begitu pengaruhnya dengan sifat kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip2... d copy mas bro.. lbh diharapkan menjadi makluk yang dinamis emg agar smua yg dihadapi tidak kaku..

      Hapus
  7. wah sayang sekarang pintar menulis..wkwkwkwkkk....lanjutkan para blogger newbe

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar kq kwkwkwkwk.. siap 86 komandan..

      Hapus
  8. Matursuwun Mas :D...tiba'e awake dwe sering ngelakoni stereotyping,tapi awake dwe malah ra sadar >P. Matursuwun...

    BalasHapus

blogger baik yang adalah mampir, baca postingan dan beri komentar :D